Bus Kopaja AC


Jakarta terbagi menjadi 5 bagian kotya madya setingkat provinsi (Pusat, Timur, Barat, Utara dan selatan ) dengan luas 661,52 km2. Selain itu juga menjadi kota tersibuk nomor 1 di INDONESIA dan kepadatan penduduk yang sangat tinggi ( lebih dari 10.000.000 jiwa ).

Maka menjadikan keseriusan super bagi pemda untuk mengurus sarana transportasi publik. Sehingga banayak jenis angkutan umum di Jakarta yang menjadi moda transportasi masyarakat. Mulai dari bus kota (kopaja dan metro mini) mikrolet, hingga bus patas yang membantu meng intregrasikan masyrakat yang berada di sekitar luar Jakarta.

Perubahan Layanan Transportasi Jakarta

Sungguh miris memang bila kita melihat sebuah angkutan umum yang menjadi urat nadi transportasi di dalam kota dengan keadaan tidak nyaman. Karena seperti yang kita ketahui, dengan tingkat kenyamanan yang sangat tidak manusiawi ditambah dan juga kemacetan yang sangat luar biasa. Belum lagi ditambah dengan polusi udara yang ditimbulkan dari kepadatan dari folume kendaraan yang ada di setiap jalan raya. Bahkan ditambah dengan tempat pemberhentian penumpang yang tidak nyaman, baik halte maupun terminal bis dalam kota yang sangat jauh dari layak.

Kita sama-sama mengetahui ciri-ciri khas angkutan umum yang ada biasaya adalah  aramda yang sudah uzur dan tidak layak jalan. Bahkan ada juga dengan alat ukur (speedometer) yang sudah tidak berfungs serta, sistem pengereman yang terkadang tidak berfungsi maksimal. Serta ada juga yang  kabin penumpangnya bocor bila pada saatnya hujan datang atau sirkulasi udara yang tidak bagus.

Belum lagi image khas yang sering kita lihat adalah ugal-ugalan para pengemudi bus kopaja terutama dengan sesama trayek. Maka sangat jels bahwa yang kita rasakan adalah  fasilitas yang sangat jauh dari rasa nyaman. Tapi mau berbuat apa lagi bagi para awak bus ini semua itu hanya demi mengejar setoran.

Maka disini lah peran pemerintah yang sudah saatnya ikut andil dalam mengelola saran dan prasarana transportasi umum milik masyarakat. Karena sesungguhnya harus ada kebijakan yang di ambil dari pihak terkait demi menanggulangi permasalahan ini yang senantiasa sangat kita harapkan di waktu yang akan datang kelak.

Tentu agar kita dapat melihat sarana transportasi di Jakarta ini menjadi lebih baik dan tertata rapi layaknya kota-kota besar di negara lain.. Karena harus kita ingat bahwa Jakarta adalah Ibu Kota Indonesia dimana segala tolak ukur mutlak seyogyanya ada di Jakarta. Serta untuk menjadi percontohan bagi wilayah-wilayah lain di Indonesia.

Bus Kopaja AC Untuk Jakarta

Akhirnya tindaka nyata dapat kita rasakan, tepatnya pada tanggal 8 Agustus 2011 diluncurkan lah KOPAJA AC pertama. Adapun dengan nomor rute S-13 jurusan Ragunan belakang - Grogol yang hingga saaat ini bermumculan dengna berbagai nomor dan tujuan yang lainnya.

Keberadaan ini cukup sedikit mengcover kebutuhan transportasi masyarakat mengharapkan semoga terus bertambah banyak lagi armada KOPAJA AC yang beroperasi. Sebab tentu agar  msyarakat dapat merasakan kemajuan dalam hal transportasi layak.

Perusahaan yang beralamat di Jl. Airmaya no.3A Kebayoran ini menawarkan armada yang lebih nyaman. Karena selain dilengkapi pendingin udara juga ditambah dengan creew yang lebih teroganisir.

Misalhnya pada adanya penggunaan seragam dan sisitim pendapatan yang lebih layak. Serta fasilitas interior aramda pun di buat sedemikian rupa agar kita dapat benar-benar nyaman. Contohnya bangku penumpang yang empuk (berbusa), tersedianya alat pemadam pada tiap-tiap armada.

Selain itu terdapat pintu keluar masuk yang diatur dan menggunakan sistem hydrolik. Namun walau pun secara tarif memang menjadi lebih mahal, tapi yang pasti ada sisi baik untuk perubahan Jakarta.


Rute Bus Kopaja AC Jakarta

Nah mungkin ada masih bingun atau bahkan belu tau rute-rute trayek mana dan nomor berapa saja yang telah ada untuk KOPAJA AC ini. Karena walaupun masih sangat perlu penambahan aramada dan di perluas trayeknya. Tapi sedikit informasi rute coba kami berikan yang berasal dari sumber yang bisa di percaya. Jadi silahkan anda memilih yang seusai dengan tujuan perjalanan anda di Jakarta :
  • P 20 Lebak Bulus - Senen
(Terminal Pasar Senen - Kwitang - Tugu Tani - Menteng - Rasuna Said - Buncit Raya - TB. Simatupang - Cilandak Town Square - Koridir 8 - Terminal Lebak Bulus
    • P 19 Tanah Abang - Ragunan
    Pasar Tanah Abang - Sudirman - Thamrin - Blok M - Prapanca - Lippo Mall Kemang - Antasari - Ampera - Kebun Binatang Ragunan
    • S 13 Ragunan Belakang - Grogol
    Kebun Binatang Ragunan - Buncit Raya - Pasar Mayestik - Sudirman - Semanggi - Terminal Grogol
    • S 602 Monumen Pancasila - Ragunan
    Monumen Nasional - Sudirman - Dukuh Atas - Rasuna Said - Buncit Raya - Kebun Binatang Ragunan
    Kita sebagai warga Jakarta mari sama-sama menjaga fasilitas yang usdah ada dan semoga pemerintah dapat terus berinofasi dan terus menambahkan bis trayek-trayek baru agar bisa memenuhi kebutuhan trasnportasi yang layak dan  manisiawi

    Gambar tema oleh konradlew. Diberdayakan oleh Blogger.